Sabtu, 05 Januari 2019

Terima Kasih, 2018!

Seseorang pernah berkata bahwa perasaan manusia memengaruhi cara waktu bekerja. Semakin rindu seseorang terhadap suatu hal, maka semakin lambat juga waktu bekerja. Tentu saja itu hanyalah konsep perasaan, bukan sesuatu yang nyata dan konkret. Waktu tetap berjalan sesuai aturannya. Perasaan manusia memang sering kali berlebihan terhadap apa pun yang menyangkut jarak dan rasa.

Iya, kan? 



2018 adalah tahun yang fluktuatif dan sangat mengaduk emosi. Kepergian saya ke Australia  pada awal tahun menguarkan rasa gugup yang berlebihan. Merasa tidak cukup pintar, tidak mampu berbahasa Inggris yang baik dan benar, tidak bisa mengikuti aturan kurikulum yang berlaku, dan tidak sanggup menciptakan jarak dengan seseorang sukses membuat saya gentar. Pengalaman saya di sana tidak selalu berjalan sesuai dengan rencana.

Jika saya harus merangkum 2018 dalam satu kata, kagum adalah kata yang cukup representatif. Sumber kekaguman saya berasal dari diri saya sendiri dan pengalaman yang saya dapat selama sebelas bulan berada di Australia.

Saya kagum karena rasa rindu kampung yang muncul pada pertengahan tahun berhasil saya redam.

Saya kagum pada pribadi saya yang berani untuk menginjakkan kaki di tanah asing.

Saya kagum karena jarang sekali saya menangis di toilet kantor, sekeras apa pun pembelajaran di kelas berlangsung.

Saya kagum pada diri saya yang sudah kuat diterpa keterasingan selama sebelas bulan nonstop.

Saya melalui 2018 dengan susah payah. Kasarnya, 2018 diawali dengan sangat manis dan diakhiri dengan sadis. Untung saja, beberapa nama membantu saya untuk terus melalui hidup dengan penuh senyuman. Adil rasanya jika saya menuliskan nama-nama tersebut pada tulisan ini.

Agung | Vera | Asri | Anggi | Devi | Addinda | Cheri | Restika | Rena | Teh Erni | Ferani | Farih Ika | Figia | Shofiana | Alifia | Adi | Ghea | Erma | Ninda | Yulia | Vicky | Ajeng | Akbar | Diva | Aksani | Fahmi | Aditia | Reqy | Billy | Ryan | Ihsan | Michelle | Rebecca | James | Lolita | Georgina | Ollie | Ben | Tim | Darcy | Alex | Kayla | Monique | Brianna | Paul | Ahmad | Alena | Dira | Rusman | Putra | Karintania | Monik | Ari | Robita | Rika | Oki | Refal | Ibe.

Nama-nama yang tercantum tidak akan mendapatkan girik potongan harga dari perusahaan mana pun.

2019, saya sudah siap!

1 komentar:

  1. bangga karena kamu tidak menangis ditoilet. kalaupun harus menangis, dipundakku saja jangan di toilet.. bau.. kalau aku kan wangi.. bangga ada nama aku..

    BalasHapus